Rabu, 22 Agustus 2012

Penerimaan Angkatan Muda 2012

Hello guys..
Udah lama banget rasanya saya tidak menulis lagi di blog ini.
Ada beberapa alasan. Pertama, saya kemarin lagi sibuk ngurusin bahan-bahan buat PAM ( Penerimaan Angkatan Muda ) Fakultas Pertanian, Universitas Padjajaran 2012. Kedua, saya lagi sibuk liburan bareng keluarga saya di Bekasi. Dan alasan terakhir, saya bingung mau cari wifi gratis dimana #MentalAnakKost #NyariGratisan.

*bingung mau nulis apa*
*hening*
*krik..krikk*

Daripada gak tau mau nulis apa, mendingan saya ceritain PAM kemarin aja kali ya.
Mungkin teman-teman yang baca blog ini heran waktu tau saya ini mahasiswa pertanian di Unpad. Ntah heran karena saya memilih pertanian atau heran karena orang seperti saya ini bisa masuk PTN. Ntahlah, saya juga tidak terlalu perduli. Dulu, waktu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) 2012 sebenarnya Faperta bukanlah tujuan utama saya. Pilihan pertama saya waktu itu adalah Akuntansi-Unpad. Yup, saya IPC. Saya mencintai Science, tapi Social lebih memikat hati saya. Karena itulah saya mengambil jurusan Agribisnis - Unpad di pilihan kedua saya.

"Pilihan ketiganya apa dep?"

*hening*

Saya gak akan ceritain pilihan ketiga. Please, jangan tanya2 lagi..

"Tapikan penasaran dep!!"

*ngelempar laptop*

"...."

Kenapa saya milih Agribisnis? Karena yang saya lihat adalah bisnis nya, bukan Agrinya. Bingung? Saya juga -____-"

Dari dulu saya memang mencintai IPA, tapi apa daya hati dan fikiran saya tidak sanggup memahaminya. Jadi, daripada saya makan hati, mendingan saya move on ke IPS. Begitu juga dengan pacaran. Anda mencintainya, tapi anda tidak sanggup memahami dan mengerti hatinya. Daripada anda menderita, mendingan anda move on. Pahamilah.. #Penggalauan #NyariTemenGalau *back to the topic*

Ya singkat cerita, ternyata kemampuan saya untuk masuk Akuntansi Unpad tidak memenuhi. Dan, saya malah lolos di Agribisnis Unpad. Pilihan yang tidak terlalu saya harapkan. Awalnya saya ingin meninggalkan jurusan ini, karena sebelumnya saya juga sudah lulus di Universitas swasta yang cukup favorit di Bandung. Tapi, setelah saya pertimbangkan dengan matang, akhirnya pilihan saya jatuh pada Agribisnis - Unpad.

PAM, 02 Juli 2012.

Waktu kegiatan PAM berlangsung, para MaBa harus datang tepat waktu. Kalo saya bilang sih kecepatan. Kenapa? Jadi ada aturan bahwa di Faperta itu kalo disuruh datang jam 7 pagi, maka kita harus udah ada di tempat jam 6.45, alias kecepatan 15 menit. Awalnya sih saya pikir kurang kerjaan. Kenapa? Lo bayangin aja waktu 15 menit itu bisa untuk apa? Lumayan tuh buat nongkrong di jamban.
Tapi, saya sadar kita disuruh datang cepet-cepet supaya acara bisa berlangsung dengan lancar tanpa harus nunggu orang-orang yang jam nya ngaret. Setelah ngumpul, kita semua disuruh ngumpul di bawah tenda biar kita gak kena panas.

"Kok ospeknya enak banget dep gak kena panas?"

Yup, itulah salah satu keuntungan ospek di bulan puasa. Karena mayoritas beragama muslim, jadi ospeknya ga terlalu berat. Walaupun saya non-muslim bukan berarti saya bisa makan atau minum sembarangan. Saya menghargai teman-teman yang lain juga, alhasil saya juga ikut2an puasa. Lumayan sih, buat nurunin berat badan :p

Di kegiatan ini saya menemukan teman-teman baru yang asik-asik. Ada yang sama-sama dari Medan, ada yang dari Jakarta, Subang, Bekasi, Bandung dan yang paling jauh sih dari Bali dan Maluku. Inilah salah satu alasan saya ingin merantau, memiliki teman dari seluruh nusantara :)

Lanjut..

Jadi, waktu kegiatan PAM itu ada acara yang namanya "Faperta Idol". Jadi, Faperta Idol ini adalah ajang cari BuKuwu dan PaKuwu. Sampai sekarang saya juga gatau kepanjangan BuKuwu dan PaKuwu itu apa. Yang saya tau itu, tugas mereka adalah memimpin teman-teman MaBa 2012 selama kegiatan PAM berlangsung. Dipilihlah secara acak 3 pasangan cowo-cewe. Dan, saya adalah salah satunya. Jadi, di depan panggung kita disuruh niruin gaya Ashanty dan Anang waktu nyanyi. Yah, secara gue orangnya kepedean dan gak tau malu alhasil, sayalah yang kepilih sebagai BuKuwu dan Derajat (nama pasangan gue) sebagai PaKuwunya. Tugas kita lumayan berat (banget). Karena kita harus mimpin teman-teman MaBa sekitar 300 orang buat ngasih persembahan angkatan terbaik buat para dosen dan alumni. But, it was really so fun. Kita jadi banyak dikenal ama teman-teman dan sekarang saya punya panggilan baru. BuKuwu. Padahal PAM nya udah selesai, tapi tetap aja saya dipanggil Ibu. Muka emang ga bisa bohong -__-"

Hari terakhir PAM itu adalah hal yang paling gak bisa dilupakan para MaBa 2012. KenapA? Karena penutupannya betul-betul kerennnnnn. Kita semua disuruh ngumpul dan buat lingkaran di lapangan yang gede banget dalam kondisi mata tertutup dan waktu itu udah jam 3 subuh. Waktu kita buka mata, di depan kita tiba-tiba ada api unggun yang gede banget dan ada kembang api yang indah banget. Lelah, capek, lemas, emosi yang kita rasain seketika langsung hilang, terbayarkan sudah :')

Senang banget rasanya ngikutin PAM ini. Gak ada rasa menyesal sama sekali. Mungkin benar kata pepatah, "dibalik sebuah penderitaan, pasti ada hikmahnya". Dengan adanya PAM ini kita satu angkatan bisa jadi lebih deket dan rasa solidaritas itu semakin erat. Jadi, teman-teman yang gak ngerasain ospek di kampusnya pasti nyesel banget. Ospek itu bukan hal yang menakutkan kok. Dan bukan ajang bullying juga. Ospek itu ajang buat mengenal kampus, teman-teman baru, dosen2, dan senior yang cakep2 #Modus

Saya rasa cukup untuk postingan kali ini. Maaf kalo ada kata2 yang gak jelas. Belum makan soalnya. Hehehehe. Salam mahasiswa! :D

9 komentar: