Kamis, 29 November 2012

NASIONAL.IS.ME (?)



"HANYA SAJA orang Indonesia terlalu sering fokus pada kesalahan Indonesia sehingga lupa untuk menyadari kebaikan dan potensi Indonesia" - Pandji Pragiwaksono

Gue hari ini bakal nge-post tentang nasionalisme yang ada di Indonesia. Gue nge-post ini bukan pengen sok-sok an buat nunjukin kalo gue ini orang yang cinta banget sama Indonesia. Gak kok. Gue ga gitu-gitu amat. Tapi, itu mungkin dulu. Mindset gue tentang Indonesia udah mulai berubah setelah gue baca e-booknya mas Pandji "NASIONAL.IS.ME"







Gue disini juga bukan mau promosi bukunya mas Pandji, tapi jujur kalo lo emang pengen rasa nasionalisme lo tumbuh, gue saranin lo baca bukunya atau ngga lo bisa download e-booknya di www.pandji.com. GRATIS!! #MentalMahasiswa

Nasionalisme? Apa sih nasionalisme itu? Kenapa sih banyak mahasiswa yang setiap hari kerjanya demo aja di depan kantor2 atau lembaga pemerintahan buat nuntut ini, nuntut itu? Gue heran. Emang mereka ga kuliah? Gue ga bilang demo itu sesuatu yang salah. Karena demo juga lah, bangsa Indonesia bisa lepas dari tangan diktator Alm. Soeharto pada masa orde baru. Gue juga ga bilang kalo demo itu benar. Karena demo juga lah, 3 orang mahasiswa Universitas Trisakti harus meregang nyawa demi membela bangsanya. Jadi, demo itu salah satu bentuk nasionalisme kah? Ntahlah, gue juga ga tau.






Kalo mungkin seluruh warga Indonesia ditanya satu-satu, "Optimis atau pesimis Indonesia bisa maju?" Gue yakin lebih dari 50% bakal jawab PESIMIS. Kalo lo salah satu warga Indonesia yang memilih jawaban yang  sama, gue mau nanya (dan cukup lo jawab dalam hati aja) kenapa sih lo pesimis?

"Indonesia kan negara miskin"

"Indonesia kan negara terkorup"

"Indonesia kan penduduknya banyak yg ga sekolah"

"Indonesia kan.. " "Indonesia kan..." Blablablabla

Gimana Indonesia bisa maju kalo rakyatnya sendiri pesimis?

Kenapa lo mikir bahwa Indonesia itu ga bisa maju? Karena yang ada dipikiran lo hanya yang buruk2 yang lo lihat. Mungkin emang sifat manusia pada umumnya, bahwa keburukan akan selalu diingat, sedangkan kebaikan akan lebih mudah dilupakan.

Gimana lo ga inget yang buruk2, kalo setiap hari ketika lo buka mata, yang pertama kali lo denger dari berita di TV adalah berita kerusuhan dimana2. Ketika lo keluar rumah untuk ngambil koran di depan pagar lo, yang selalu ada di headline adalah masalah korupsi yang gak tuntas-tuntas. Ketika lo berangkat kerja, yang pertama kali lo temuin adalah suara klakson dan macet yang bikin mumet.




Kalo hal-hal diatas yang ngebikin lo ga optimis sama Indonesia, then don't think about it!. Carilah informasi yang bisa ngebuat lo BANGGA sama negara lo sendiri dan OPTIMIS Indonesia bisa.

Gue sengaja search di google tentang prestasi di Indonesia. Gue masukin kata kunci "Prestasi Indonesia di dunia" then what i found?

20.900.000 RESULTS in 0.26 SECONDS!

Can you think about it?

Lo ga harus jd mahasiswa yang turun ke jalan setiap hari teriak2 ga jelas sana sini, buat kemacetan dijalan, bakar2 ban nambah polusi udara, buat nunjukin kalo lo emang cinta sama Indonesia. Kalo lo emang cinta sama Indonesia, buatlah perubahan. Percayalah, hal sekecil apapun bisa nunjukin kalo lo cinta sama negara lo. Buang sampah pada tempatnya, memakai produk dalam negeri, ngetweet hal-hal positif tentang Indonesia (bahkan, kalo bisa sampai jadi TTWW), donor darah, dan masih banyak hal2 (yang gue sendiri gatau saking banyaknya) yang bisa nunjukin kalo lo punya rasa nasionalisme :)

Kenapa kita harus memikirkan kerusuhan antara sesama saudara setanah air, kalo kita selalu bersatu saat bangsa Indonesia melawan Malaysia di piala AFF? Gue terharu banget kalo ngeliat GBK penuh dengan warna merah dan putih mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Bersorak membahana mengatakan ENDO-NESAAAAAAA!!! Sejenak gue bisa melupakan perpecahan yang terjadi di Lampung, Poso, NTT, dan Papua :')


Ga perduli mereka pendukung fanatik Persija atau Persib, disini mereka adalah ENDONESAAA!!!


Kalo gue nanya negara manakah juara robotik dunia?
Mungkin yang pertama kali terlintas dikepala lo ada Jepang, Amerika, atau Jerman. Nyata-nyatanya juara robotik dunia adalah negara lo sendiri sob! INDONESIA!




Lo kenal Profesor Yohanes Surya? Kalo lo ga kenal, gue saranin lo google-ing sekarang.
Profesor Yohanes Surya merupakan salah satu orang Indonesia yang yakin dan percaya Indonesia bisa membawa bangsa ini kepuncak kejayaannya, khususnya di bidang pendidikan. Beliau telah banyak sekali mengirim anak didikannya ke pentas-pentas olimpiade tingkat dunia. Bukan hanya menjadi peserta, tidak jarang mereka pulang ke Indonesia dengan medali2 emas mereka.

Profesor Yohanes Surya

Ini dia anak-anak didik Prof. Surya yang membawa medali emas ke Indonesia :')

Pencipta robot masa depan dari negara Papua 

Bali. Kalo ada orang Indonesia yang ga kenal Bali, gue gatau lagi harus bilang apa -_-

Walaupun gue belum pernah kesana, tapi gue yakin Bali merupakan dunianya para wisatawan. Ini terbukti dari banyaknya artis-artis luar negeri yang berwisata ke Bali. Sebenarnya masih BUANYAK banget bagian-bagian dari penjuru negeri ini yang bisa dijadikan tempat wisata, tapi sampai sekarang ini masih Bali yang mendunia. Gue yakin Bali bisa (dan sudah) menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia. Walaupun pulau ini pernah digemparkan dengan serangan bom nya sebanyak dua kali, tapi Bali bangkit dan tetap menjadi idaman para wisatawan asing.

Oh GOD!!! I hope i can get there as soon as possible T____T



Banyak banget prestasi-prestasi Indonesia yang lo gatau (dan gue juga gatau semua saking BUANYAK nya). Kayanya jari-jari gue bisa keriting mendadak kalo gue harus ngetik semua prestasi bangsa gue ini.

Hehehe..

Mungkin kalo lo pesimis dengan bangsa ini, itu karena yang lo lihat adalah keburukannya.

Lo mau bangsa ini maju? Berarti lo harus OPTIMIS negara lo bisa. Gimana caranya OPTIMIS? Mulailah mencari hal-hal yang positif dari negara lo sendiri. Kalo udah dicari? Lakukan perubahan menuju prestasi. Dari buku NASIONAL.IS.ME yang gue baca, ada 3 hal yang akan menjadikan Indonesia sebagai negara hebat :

1. Kenali Indonesia-mu.
2. Temukan passion-mu.
3. Berkaryalah untuk masa depan bangsa-mu.

Gue yakin Indonesia bisa menjadi negara yang hebat. Gue tau mungkin gue belum bisa ngasih apa-apa buat negara ini, but someday i will.


Gue menulis ini bukan karena gue "anget2 tai ayam" menunjukan kecintaan gue kepada Indonesia.

Gue menulis ini juga bukan karena gue mau menjudge siapapun.

Ini adalah ajakan untuk mengubah bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik.
Ajakan buat mencintai bangsa.

Mungkin hasilnya tidak akan kita rasakan hari ini.
Tapi, untuk masa depan.

Mungkin kita tidak bisa melihat masa depan.
Anak-anak kitalah yang akan melihatnya.

Tugas kita adalah memastikan bahwa anak-anak kita punya sesuatu yang indah untuk dilihat, di masa depan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar